Tertipu Ratusan Juta Warga Nusawungu Termakan Janji Manis Jadi PNS



 Cilacap – Trankonmasi.com

Tergiurur janji manis bias menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), warga Nusawungu Kabupaten Cilacap tertipu hingga ratusan juta rupiah.


Kapolres Cilacap AKBP Eko Widiantoro pada keterangan persnya, Selasa (19/4/2022) menyampaikan, tersangka berinisial D merupakan pensiunan PNS dan AAS merupakan Karyawan swasta yang menipu korbanya dengan modus menjanjikan korbanya bisa lolos tes CPNS.


Pada kesempatan tersebut Kapolres mengungkapkan, Orang tua korban awalnya bertemu tersangka di sebuah acara resepsi pernikahan, dan bercerita bahwa anaknya sedang mencari pekerjaan dengan melamar CPNS. 


Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, saat itu tersangka mengatakan sanggup untuk bisa membantu proses masuk sebagai CPNS, dengan jangka waktu 3-1 tahun bisa menerima SK CPNS. Dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 30 September 2011 korban atau pelapor datang kerumah tersangka dan melaksanakan kesepakatan proses CPNS itu, serta korban menyerahkan uang kepada tersangka secara bertahap dan setiap menyerahkan di berikan kwitansi sampai dengan total Rp 157.000.000,- ternyata setelah menunggu lama apa yang di janjikan tersangka tidak terwujud.



"Merasa tertipu dengan janji tersangka, setelah sekian tahun akhirnya pada tanggal 30 Maret 2022 korban melaporkan kejadian tersebut ke Pihak Kepolisian," jelas Kapolres


“Adapun barang bukti yang berhasil di amankan oleh petugas yaitu 2 (dua) lembar struk penytetoran dari bank BRI dan 3 (tiga) lembar kwitansi pembayaran." lanjut Kapolres 



Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP Jo 372 KUHP dengan ancaman pidana paling lama empat tahun penjara. (J Trankonmasi Tim)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »