Tugas Akhir Sebagai Syarat Kelulusan Seorang Taruna Akmil

 


Magelang - Trankonmasi.com

Sebanyak 293 Taruna Akademi Militer Tingkat IV/Semester TP 2021/2022 mengikuti bimbingan Tugas Akhir (TA) oleh para Dosen pembimbingnya masing masing. Kegiatan tersebut  bertempat di Kelas A dan B Akademi Militer. Jum’at (08/04/2022). 


Dalam kegiatan tersebut Dr. Dra. Endang Sri Kurniatun, M.Si (salah satu Dosen Pembimbing) menyampaikan terkait dengan tugas Akhir kepada seluruh peserta.



Tugas Akhir ini akan di ujikan bulan Juni 2022 setelah Taruna kembali dari melaksanakan Latsitarda Nusantara di NTB, Nusa Tenggara Barat. Sebagaimana di perguruan tinggi lainnya, Tugas Akhir (TA) Taruna merupakan salah satu persyaratan bagi kelulusan setiap Taruna Akademi Militer dan sering menjadi beban cukup berat bagi sebagian Taruna di Akademi Militer," ucap Dr.Dra. Endang Sri Kurniatun, M.Si.


 “Berdasarkan perintah Gubernur Akmil penyusunan Tugas Akhir Taruna Akmil Tingkat IV/ Sermatutar TP 2021/2022 ditargetkan selesai maksimal tgl 20 April 2022. Konsekuensi dari hal tersebut pembimbingan TA terjadwal setiap hari dari jam 08.00 – 11.00, dan ada jadwal tambahan untuk pembimbingan mandiri pada sore hari pada jam 17.00 sampai 18.00 bertempat di paviliun. Selanjutnya  Dosen Pembimbing diperintahkan untuk membuat perencaan program  pembimbingan T.A sebagai panduan dan pengendalian target capaian kegiatan bimbingan Tugas Akhir Taruna," tandasnya.                                   

Sermatutar Rafi Naufal Ardiansyah No.Ak 2018.001, Taruna Akmil yang mengambil tajuk dalam Tugas Akhir yang dikerjakannya  ”Peran Komandan Peleton dalam Meningkatkan Kemampuan Prajurit di Bidang Teknik Penyelenggaraan Latihan di Batalyon Infanteri X Guna Mendukung Tugas Pokok Satuan”. Yang di bimbing oleh Letkol Untung Widagdo, S.H. M.Si. menyampaikan bahwa tugas akhir adalah sebuah karya ilmiah.

 

“TA itu sendiri merupakan suatu karya ilmiah yang dibuat oleh Taruna-Taruni Akmil untuk menjadi persyaratan utama kelulusan," kata Sermatutar Rafi Naufal Ardiansyah


“Sosok Taruna harus mempunyai tekat untuk berjuang menyelesaikan tugas akhir meski dengan waktu yang sempit. Taruna Akademi Militer harus bisa melaluinya dengan hasil yang baik,” terangnya. 


Seperti Taruna lainnya, diakui Sermatutar Rafi Naufal, dia pun harus menerjang berbagai tantangan untuk menyelesaikan TA, salah satu hal penting ialah waktu, tapi kendala itu bukan menjadi alasan Taruna untuk menjadi terlambat untuk menyelesaikan TA jadi tidak ada masalah bagi Sermatutar Rafi. 


Di akhir kegiatan Dr. Endang menyampaikan harapannya. 


”Dengan mengerjakan TA ini Taruna Taruni Akmil Tingkat IV/Sermatutar TP 2021/2022 memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai Danton guna melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara tercinta," pungkasnya


Trankonmasi Tim

Share this

Previous
Next Post »
Give us your opinion