Cegah Kebakaran Kapal Terjadi di Pemalang, Kapolres Ajak Nelayan Berdialog

 


Pemalang - Trankonmasi.com

Menyikapi fenomena kebakaran kapal nelayan yang terjadi di beberapa daerah, Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo berupaya mengantisipasi kejadian serupa di wilayah Kabupaten Pemalang, 


Bersama Kasat Polairud Polres Pemalang, komandan Posal Tanjungsari Pemalang, dan ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Pemalang, Kapolres Pemalang berdialong dengan puluhan nelayan pemilik kapal yang bersandar di pelabuhan TPI Tanjungsari Pemalang, Rabu (4/5/2022).



Kapolres Pemalang mengatakan, dialog dengan awak kapal dilakukan untuk mensosialisasikan beberapa faktor penyebab terjadinya kebakaran kapal.


"Diantaranya, akibat aliran pendek karena pemasangan kabel listrik yang tidak sempurna, bahan bakar kapal, serta percikan api," kata Kapolres.



Oleh karena itu, Kapolres Pemalang mengatakan, penyediaan perlengkapan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) wajib disiapkan untuk mencegah kebakaran kapal terjadi di pelabuhan kapal.


"Apalagi hampir seluruh material kapal terbuat dari barang yang mudah terbakar," kata Kapolres.


Selain itu, Kapolres Pemalang mengatakan, sistem keamanan lingkungan oleh para awak kapal di pelabuhan TPI Tanjungsari Pemalang juga diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.



"Dengan adanya pengawasan melalui sistem keamanan lingkungan, potensi kebakaran kapal dapat ditangani dengan cepat sebelum merembet ke kapal lainnya yang bersandar di Pelabuhan TPI," kata Kapolres.

J Trankonmasi Tim

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »