Cegah Menularnya TBC, Nakes PKM Banyuates Sampang Kunjungi Rumah Pasien


Nakes PKM Banyuates Saat Mengunjungi Rumah Pasien TBC di Banyuates Sampang



Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Mencegah menularnya penyakit TBC Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Banyuates mengunjungi pasien tuberculosis atau biasa disebut TBC di Desa Banyuates, Kabupaten Sampang, Senin (30/05/2022)


TBC merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi permasalahan hingga saat ini. Maka dari itu, Puskesmas Banyuates terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang mengalami penyakit TB, salah satunya mengunjungi langsung rumah pasien.


dr Endang Murdaningrum, Kepala Puskesmas Banyuates melalui pengelola program TBC PKM Banyuates, Noerul Hidayat, S.Kep mengatakan, tujuan kami datang langsung untuk melihat keadaan rumah pasien TBC. Sekaligus melakukan screning kepada keluarga yang melakukan kontak langsung dengan pasien penderita TBC.


"Langkah ini kami lakukan sebagai salah satu terobosan untuk mengurangi jumlah kasus TBC di Kecamatan Banyuates," katanya. 


Menurutnya, jika ada pasien yang sudah terdiagnosa tidak bisa datang ke Puskesmas Banyuates . Silahkan hubungi kami, kami akan lakukan kunjungan langsung dan kami obati di rumah. 


"TBC adalah penyakit menular lewat ludah saat batuk dan juga bersin. Gejala TBC ialah batuk berdahak kurang lebih 14 hari dan juga mengeluarkan darah, serta berat badan menurun," jelas Hidayat. 



Pihaknya juga menambahkan, bahwa TBC masih tinggi di Indonesia angka kematian TB paru di Indonesia ialah peringkat 3 dunia setelah China dan Hindia.


"Jadi dimohon kepada warga Banyuates, jika ada gejala yang mengarah ke TBC. Silahkan periksakan langsung ke Puskesmas Banyuates atau menghubungi petugas nanti kami datang langsung ke rumah," terangnya.


Beberapa warga Kecamatan Banyuates sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Puskesmas Banyuates.


"Itu sangat bagus sekali, dengan adanya terobosan seperti itu. Kami selaku warga Banyuates sangat bersyukur, jadi keluarga kami yang sakit tidak usah jauh-jauh datang ke Puskesmas. Tenaga Kesehatan (Nakes) akan berkunjung ke kediaman kami, semoga Allah memberikan balasan yang setimpal terhadap nakes yang secara sukarela turun langsung ke pelosok desa," tegas salah satu warga. (Varies)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »