Space Iklan

PENDIDIKAN

TECHNOLOGY

SOSIAL

Recent Posts

Begal HP di Bangkalan Madura Bacok Santri, Akhirnya Dicokok Polisi

Jajaran Polsek Tanjung Bumi Yang Dipimpin Oleh AKP Fery Riswantoro Berhasil Mengamankan Pelaku Begal HP Sadis (Foto: Istimewa)

Lpktrankonmasi.com, BANGKALAN - Salah satu santri dirampas HP-nya dan Dibacok oleh orang tidak dikenal di Desa Aeng Taber, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Selasa (24/01/2023), sekira pukul 22.00.

Tidak butuh waktu lama jajaran Mapolsek Tanjung Bumi langsung melakukan pengejaran. Dan akhirnya pelaku berhasil diamankan berikut dengan barang bukti celurit dan sebilah pisau, Rabu (25/01/2023) malam hari.

Warga setempat membenarkan adanya perampasan hp terhadap santri dan juga begal tersebut melakukan aksi pembacokan.

"Iya benar mas, telah terjadi perampasan Hp terhadap santri. Karena, santri tersebut melawan. Akhirnya sama pelaku dibacok bagian tangan sebelah kirinya, untuk kronologi lebih lengkap jennengan bisa konfirmasi ke pihak Pondok di Desa Aeng Taber, Kecamatan Tanjung Bumi," tuturnya.

Korban Perampasan HP dan Kena Bacok (Foto: Screen Shot Status WA)


Sedangkan Kapolsek Tanjung Bumi, AKP Fery Riswantoro membenarkan adanya kejadian tersebut, "Benar mas telah terjadi aksi begal. Korbannya adalah seorang santri, untuk pelaku dalam tahap pengejaran oleh jajaran Polsek Tanjung Bumi dan juga Polres Bangkalan," singkatnya.

Menjelang beberapa jam kemudian Kapolsek Tanjung Bumi, AKP Fery Riswantoro melalui Kanitreskrim Tanjung Bumi, Aiptu Kurniawan, S.H mengirimkan sebuah foto kepada media ini. Bahwa pelaku begal sudah diamankan oleh jajaran Polsek Tanjung Bumi.

Hingga berita ini diterbitkan media ini berkali-kali menghubungi Aiptu Kurniawan, S.H. Namun, belum bisa tersambung dengan sang Kanitreskrim. (Ries)

Jelang Satu Abad NU, Aliyadi Mustofa Mengungkapkan: NU Turut Andil Besar Dalam Kemerdekaan RI

Berkarisma Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur (Foto: Istimewa)


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Menjelang satu abad atau 100 tahun Nahdlatul Ulama (NU). Ialah pada 7 Februari 2023 ini. Aliyadi Mustofa, Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur mengungkapkan bahwa Nahdlatul Ulama turut andil besar dalam kemerdekaan RI, Selasa (24/01/2023)

Aliyadi Mustofa mengatakan, warga NU harus bangga, karena sebentar lagi satu abad atau seratus tahun usia Nahdlatul Ulama. Kenapa, kita harus bangga karena NU salah satu organisasi yang turut andil besar dalam kemerdekaan RI.

"Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren selain turut andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI), NU dan Pondok Pesantren juga terus merawat ke-bhinekaan di Indonesia. Salah satu yang paling bisa kita nikmati, adalah bagaimana NU melestarikan tradisi bangsa yang baik, dan menjaga nilai-nilai kebangsaan," katanya.

Menurut Aliyadi Mustofa, kontribusi NU kepada Bangsa dan Negara tidak diragukan lagi, oleh karena itu saya selaku Ketua DPRD Komisi B Jawa Timur terus mendesak Pemerintah, untuk segera mewujudkan gelar Pahlawan Nasional. Kepada Mbah Cholil Bin Abdul Latif Bangkalan, sebagai inisiator lahirnya ormas terbesar dunia ini," tuturnya.

Aliyadi juga menambahkan, bahwa NU punya andil besar menjaga keutuhan bangsa. Terbukti banyak pihak yang bersikeras menggeser Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Akan tetapi NU, tetap berdiri tegak. Menyelami makna Pancasila, dan tetap meyakini betapa ideologi yang digagas pendiri bangsa ini dan terus mengakomodir semuanya. Serta penghayatan ini tertanam di dalam seluruh organisasi badan otonom NU,” imbuhnya.

Terakhir Aliyadi menegaskan, nilai-nilai kebangsaan ini diinternalisasikan oleh seluruh kader NU, dari pusat hingga ke desa-desa.

"Nilai-nilai kebangsaan yang dianut menjadi pedoman nahdliyin dan NU berada di garda depan menjaga keutuhan negeri. Oleh Sebab itulah saya sebut, bahwa satu abad NU bukan sekadar catatan umur organisasi, tapi catatan sejarah, NU berkontribusi besar untuk kesatuan NKRI,” tukasnya. (Rz)

Peringati HUT Pilar Pos Yang Ke-5, Jajaran Redaksi Gelar Family Ghatering Syukuran Di Kota Batu

Redaksi dan Wartawan Pilar Pos Saat Mengadakan Syukuran (Foto: Istimewa)


Lpktrankonmasi.com, BATU - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 5 Tahun media online pilarpos.co.id. Jajaran redaksi Pilar Pos adakan kegiatan Family Ghatering dengan acara syukuran bersama beberapa biro yang ada wilayah Jawa Timur. Tepatnya di salah satu Villa yang berada di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (21/01/2023).

Kegiatan syukuran yang dibuka dengan pemotongan nasi tumpeng yang di berikan khusus dari pimpinan redaksi (pimred) kepada Ketua Umum (Ketum) ini di saksikan langsung oleh Wakil Ketua Umum serta beberapa biro dari wilayah Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Imam Safi'i selaku Pimpinan Redaksi (Pimred) media online pilarpos.co.id mengungkapkan kebahagiaannya bahwa pihaknya sangat bersyukur dengan kokompakan kepala biro yang ada di Jawa Timur telah meluangkan waktunya untuk bisa menghadiri momentum yang spesial yang setiap satu tahun sekali ini.

" Saya sangat bangga kepada semua rekan-rekan biro dari media pilarpos ini karena telah menunjukkan rasa kekompakan dan solidaritas serta kebersamaannya. Karena ini adalah merupakan peringatan HUT yang ke 5. Kalau tidak seperti ini, kita tidak bisa berkumpul bersama untuk mengevaluasi membahas media pilarpos kedepan," ungkapnya.

Selain itu, Pimred yang biasa di sapa Imam ini juga tidak lupa berterimakasih kepada para donatur yang telah ikut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan program kegiatan kali ini.

"Saya sangat berterimakasih kepada para donatur. Sebab, kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik juga ada peran serta dari beliau-beliau," paparnya.

Sematara itu, Sukari, Ketua Umum (Ketum) media online pilarpos.co.id dalam kesempatanya juga berharap dengan adanya Family Ghatering Anniversary yang ke 5 ini bisa lebih membangun lagi rasa persaudaraan dan lebih akrab mengenal antara jajaran redaksi dengan beberapa biro-biro yang ada.

"Maka dalam kesempatan ini mari kita lebih kuatkan lagi rasa kekompakan. Dan ayok kita jaga bersama Marwah media pilarpos ini. Karena media ini adalah milik kita bersama," harapnya.

Perlu diketahui, selain adakan kegiatan Family Ghatering Anniversary yang ke 5 Tahun, acara masih berlanjut besok tepat hari Minggu (22/01/2023) juga akan adakan kegiatan pelatihan jurnalistik praktis serta evaluasi bersama guna membahas pilarpos kedepan. (Ries)

Diduga Lecehkan Anak Tirinya, Warga Tambak Pocok Bangkalan Diamankan Polisi

Foto Ilustrasi


Lpktrankonmasi.com, BANGKALAN - Diduga lecehkan anak tiri-nya Pria paruh baya asal Desa Tambak Pocok, Kecamatan Tanjung Bumi diamankan oleh jajaran Polres Bangkalan, Madura, Kamis (19/01/2023)

Hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh H (Inisial) warga Tambak Pocok saat ditemui oleh media, "Iya benar mas ada salah satu warga berinisial (M) diamankan oleh Polisi. Karena, diduga melakukan kekerasan seksual kepada anak tiri-nya yang baru duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP)," katanya, Senin (16/01/2023)

Sedangkan Kapolsek Tanjung Bumi, Iptu Fery Riswantoro membenarkan hal tersebut, benar mas. Tapi, kasusnya sudah dilimpahkan ke Polres Bangkalan. Dan saat ini sudah ditangani oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA), silahkan konfirmasi langsung ke bagian UPPA Polres Bangkalan mas," singkatnya. 

Sementara itu Aipda Pritanto, Kanit PPA Satereskrim Polres Bangkalan. Juga membenarkan hal tersebut, bahwa pihaknya telah mengamankan pelaku kekerasan seksual. 

"Sementara masih dalam proses pemeriksaan dan pendalaman mas, untuk tanggapan lebih lanjut silahkan konfirmasi ke Pak Kasat Reskrim ya..trimakasih," tegasnya melalui pesan WA. (Ries)

Kepala SMAN 4 Semarang Wiwin Sri Winarni Buka Liga SMAPA 2023


SEMARANG TRANKONMASI.COM  -
SMA Negeri 4 Semarang kembali menggelar Liga SMAPA 2023 bertempat di lapangan sepakbola sekolah jalan Karangrejo raya 12A Srindol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang, Senin (16/1/2023).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan OSIS SMA Negeri 4 Semarang yang diikuti 22 Kelas yang terdiri atas kelas X dan kelas XI dengan sistem pembagian grup, tiap kelas menyiapkan tim kesebelasannya seperti tahun tahun sebelumnya.

Kepala SMA Negeri 4 Semarang, Wiwin Sri Winarni,S.S saat membuka liga SMAPA 2023 menuturkan Anank anak kita dalam rangka lebih mengembangkan potensi non akademik terutama dibidang olah raga khususnya sepakbola.

Kami berharap dari sini akan muncul pemain pemain berprestasi serta kedepannya berkarier ditingkat.lokal bahkan.nantinya bila ada seleksi untuk rekruitmen pemain sepakbola tidak hanya tingkat kota bahkan tingkat provinsi nasional bahkan dunia. Berawal dari sini," ucapnya.

Moment ini bermula dari tingkat sekolah nantinya muncul pemain pemain yang bisa kita harapkan untuk bisa mewakili SMA Negeri 4 Semarang tidak hanya kancah daerah tapi kalau bisa sampai tingkat Inteenasional.

SMA Negeri 4 Semarang berprestasi tidak hanya di bidang akademik saja tetapi.juga berprestasi di bidang non akademik salah satunya dengan menggelar liga SMAPA yang sudah kita adakan beberapa tahun lalu yaitu.pertandingan sepakbola antar kelas," ujar Wiwin.

Kedepannya liga SMAPA dilaksanakan semakin baik dengan melihat sisi waktunya, persiapannya dan juga kami akan memberikan reward bagi tim yang juara," pungkasnya.

Sementara itu Waka Kesiswaan SMA Negeri 4 Semarang, Aunur Rofiq,S.Ag mengatakan terkait dengan kegiatan kegiatan  yang sudah menjadi agenda rutin SMA 4 yaitu peringatan Ambalwarsa tiap tanggal 16 januari sebagai puncak acara yaitu Ambalwarsa ke 45.

Didalam kegiatan itu salah satunya Liga SMAPA yang menjadi kebanggaan para siswa yaitu pertandingan sepakbola antar kelas," ucapnya.

Rofiq mengatakan dua tahun sebelumnya vakum karena adanya pandemi covid19. Untuk 2022 kita melaksanakan tapi masih dalam.batas minimal artinya masih tertutup.

Pada 16 januari 2023 kembali kita gelar dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah ditandai dengan penendangan bola dilanjutkan dengan pertandingan persahabataan antara juara tahun 2022 lalu dengan kelas ganjil gabungan dengan runner up swmua itu.dalam rangka memeriahkan Ambalwarsa ke 46 SMA 4 Semarang," ujar Rofiq.

Selanjutnya dalam rangka membangkitkan semangat anak juga untuk mengeksplor bakat dan minat anak.dibidang olah raga khususnya sepakbola
mungkin ada diantara sekian siswa bisa menjadi pemain nasional nantinya yang akan membanggakan bangsa Indonesia.

Semoga kedepannya pelaksanannya semakin baik dan tertata semua yang dilakukan memakai regulasi PSSI. Jadi kita tidak bisa mengambil keputusan sendiri, wasitpun kita tunjuk dari luar yang kompeten di olah raga sepakbola," paparnya.

Pelaksanaan liga SMAPA ini berlangsung selama hampir satu bulan dan dipertandingkan sehari dua kali diadakan setelah pulang sekolah sore hari.

Jadwal Liga SMAPA berlangsung selama 1 bulan yang dimulai 16 januari 2023 hingga 24 februari 2023 memperebutkan Tropi bergilir Kepala SMA Negeri 4 Semarang. Selain Tropy bergilir  pihak sekolah juga menyerahkan piala juara serta uang pembinaan.

       @Taufiq

Pemuda Asal Madura Angkat Foto Mahfud MD Saat Musra XIII Jawa Timur

Hanafi Pemuda Asal Sampang Mendukung Mahfud MD Menjadi Capres atau Cawapres Indonesia (Foto: Mansur)


Lpktrankonmasi.com, SAMPANG - Terpantau oleh media ini beberapa rombongan dari Pulau Madura. Mengangkat foto Mahfud MD sebagai putra terbaik Jawa Timur, di tengah-tengah ribuan peserta MUSRA XIII di Grand City, Surabaya, Jawa Timur, Senin (16/01/2023)

Foto dalam bentuk pamflet bertuliskan Mahfud MD Putra terbaik Jawa Timur. Nampak juga foto Moeldoko dan juga Aswar Anas. 

Hanafi Wakil Sekretaris Ormas Projo Sampang mengatakan, Mahfud MD adalah putra terbaik yang dimiliki Jawa Timur. Khususnya, Pulau Madura. 

"Pamflet tersebut dibuat oleh DPC ProJo Banyuwangi. Karena saya adalah orang Madura, dan kebetulan Bapak Mahfud MD juga orang Madura. Maka dari itu saya mengambil pamflet tersebut dan saya angkat di tengah-tengah ribuan anggota Musra XIII di Jawa Timur," kata Hanafi.

Menurutnya, Mahfud MD layak menjadi Presiden maupun Wakil Presiden. Karena, kemampuan beliau tidak bisa dikhawatirkan lagi," ucap Hanafi. 

Hal senada juga disampaikan Koordinator Lapangan (Korlap) Ormas ProJo Sampang, Musra XIII di Grand City sangat luar biasa. Apalagi muncul nama Mahfud MD, tokoh nasional asli Pulau Madura. Semoga Bapak Mahfud MD menjadi pemimpin di Indonesia, dan melanjutkan visi dan misi Presiden Jokowidodo.

"Hidup Mahfud MD hidup juga Pulau Madura. "Toreh areng sareng dukung bengeseppo Mahfud MD", tegas Faris menggunakan Bahasa Madura. (Sur)





Turnamen Sepak Bola Janggleng Cup 1,

 Cara Warga Ramaikan Dunia Sepak Bola                    

 


         

Temanggung, trankonmasi.com-  Sepakbola memang olah raga yang paling banyak di minati masyarakat. Untuk meramaikan dunia sepak bola, dan mengobati rasa rindu warga pada olahraga ini pemerintah desa Bansari mengadakan turnamen Persatuan Sepakbola Jangleng Cup 1 kali pertama di tahun ini. Kejuaraan ini berlangsung di lapangan Banjarsari,  Kecamatan Ngadirjo, Kabupaten Temanggung selama sepekan, minggu (8/1) sampai minggu (15/1/2023).


Pertandingan diikuti delapan team sepakbola dengan sistem gugur dan dipimpin oleh Sugiarto  yang bertugas sebagai wasit juga dua orang sebagai hakim garis.


Sulistyo (45)  selaku ketua panitia pelaksana, berharap kejuaraan kali ini bisa menambah semangat dan minat di bidang olahraga.


" Saya berharap sekali dengan adanya kejuaraan ini akan menambah semangat dan minat mendalami dunia olahraga khususnya sepakbola."


" Dengan adanya kejuaraan sepakbola pasti akan di jadikan ajang  mengasah bakat pemuda disini, dengan bangkitnya sepak bola pasti akan semakin banyak  tercipta pemain berprestasi."


" Apalagi selama pandemi dunia olah raga seakan tenggelam sehingga menurunkan minat pemuda untuk berolah raga" paparnya.


Sementara itu, Anton ( 35 ) salah satu suporter menyatakan "Kejuaraan sepakbola merupakan hiburan bagi kami warga disini, bagaimanapun selama pandemi kemarin kami merindukan ajang seperti ini. Kami sangat mengharapkan pertandingan ini bisa di laksanakan setiap tahunnya. Turnamen kali ini adalah cara warga ramaikan sepak bola khususnya di kota ini." 


Pertandingan ditutup dengan pertandingan antara PSPK sebagai juara pertama  melawan Langkah Tua turnamen kali ini merupakan kejuaraan yang sangat di nantikan oleh semua warga Bansari, selain itu, turnamen cukup menyedot animo masyarakat untuk menonton selama pertandingan berlangsung.

Penulis  :  Sutarman

 Kontributor | Temanggung

Puluhan Anggota Ormas Projo Sampang Ikuti MUSRA di Grand City Surabaya

Puluhan Anggota Ormas DPC ProJo Sampang Saat Mengikuti Acara MUSRA XIII di Surabaya (Foto: Varies)



Lpktrankonmasi.com, SURABAYA - Puluhan anggota Organisasi Masyarakat (Ormas) Dewan Pimpinan Cabang Pro Jokowi Kabupaten Sampang. Mengikuti acara Musra XIII Jawa Timur di Grand City, Surabaya, Minggu (15/01/2023)

Puluhan relawan Jokowi tersebut berangkat dari Sampang. Menggunakan Bus, ialah titik kumpul di Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. 

Acara MUSRA XII dihadiri langsung oleh Presiden Jokowidodo dan juga beberapa Pejabat teras yang ada di Jawa Timur.

Herman Hidayat, Ketua ProJo Sampang mengatakan, ada sekitar 60 orang dari Sampang yang mengikuti acara musyawarah rakyat bersama Presiden RI, Ir H Jokowidodo.

"60 (enam puluh) orang tersebut terdiri dari beberapa unsur masyarakat. Mulai dari tokoh masyarakat, tokoh kyai, wartawan, dan juga LSM. Namun, yang kita utamakan adalah anggota Ormas ProJo Sampang," tuturnya. 

Menurutnya, acara MUSRA ini sangatlah penting. Karena hal ini untuk menentukan nasib Indonesia kedepan, nanti kita voting bersama. Mau pilih siapa, untuk pemimpin pengganti Pak Jokowidodo. 

"Voting tersebut nanti diakumulasikan, siapa nanti terbanyak. Maka suara terbanyak lah yang akan menjadi calon Presiden, bisa Pak Ganjar, bisa juga Prabowo," ucapnya sambil tersenyum. 

Sementara itu Ketua Panitia Musra XIII Achmad Fauzi mengatakan Musra ini merupakan rapat akbar masyarakat di luar parlemen untuk menggodok siapa tokoh yang layak memimpin NKRI pasca berakhirnya masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo pada Oktober 2024 mendatang.

"Semoga apa yang diputuskan Musra pertama hingga ke-13 nantinya juga tidak beda dengan yang direkomendasikan partai," ujar Fauzi di Surabaya, dikutip dari Detik.com.

Fauzi membeberkan saat ini ada tiga nama kuat yang muncul sebagai capres dari hasil Musra sebelumnya. Pertama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, lalu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan.

Sementara untuk cawapres muncul nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Menkopolhukam Mahfud MD.

"Nantinya teknik memilih pemimpin dengan mengusulkan nama yang diinginkan dan dikirim pada nomor yang ditentukan di lokasi acara. Insya Allah nanti Pak Jokowi juga rawuh," tandas Fauzi. (Ries)

Truk Terbalik Akibat Pengeraman Hidraulik Tak Berfungsi

 


Bogor, Trankonmasi.com

Telah terjadi peristiwa kecelakaan di Jalan raya Batu Tulis, sebuah mobil truck fuso bermuatan bata conblock jenis mitsubishi A.8764 YX. hilang kendali di jalan menurun yang berbatasan Rel Kereta Api Batu Tulis.


Menurut keterangan dari Polresta Bogor, terjadinya peristiwa Truck terbalik disebabkan kampas pengereman hidraulic tidak berfungsi.


Awal peristiwa itu terjadi, sebuah Truck mengangkut bata conblock berasal dari Cikupa Tangerang menuju Bogor. Dalam perjalanan truk melintasi tikungan menurun dijalan RE Soemantadiredja truk lepas terkendali, disebabkan kampas rem hidraulic', pengereman tidak berfungsi. Sang supir Uket mencoba mengendalikan kemudinya putar kekanan dan bertepatan melintas sebuah minibus Nisan Grand Livina F. 1844 EN dikemudikan Tarendra (62 Tahun).



Dalam kondisi turunan tajam uket sang supir truck, tak bisa kendalikan pengereman, dan pada akhirnya Truck terbalik sebelah kanan dan menyenggol Mobil Nisan Grand Livina seketika melintasnya dari Cipaku mengarah ke Bogor.


Truck bermuatan bata paving block materialnya tumpah berserahkan di perbatasan Rel Kereta Api batu tulis.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa


Penulis : Haris Nursasongko

Gitaris Rock Legendaris Jeff Beck Tutup Usia 78 Tahuun

 


Inggris - Trankonmasi.com

Beck menjadi terkenal dengan The Yardbirds sebelum memimpin Jeff Beck Group dan terjun ke musik jazz-fusion yang dia rintis, (13/1/2023).


Jeff Beck, gitaris terkenal yang bermain dengan Yardbirds dan memimpin Grup Jeff Beck, telah meninggal dunia pada usia 78 tahun, perwakilannya telah mengkonfirmasi.

Beck meninggal pada hari Selasa setelah "tiba-tiba tertular meningitis bakteri", perwakilan tersebut mengkonfirmasi. 


"Keluarganya meminta privasi sementara mereka memproses kehilangan yang luar biasa ini," tambah mereka.


Sering digambarkan sebagai salah satu gitaris terhebat sepanjang masa, Beck yang jari dan ibu jarinya terkenal diasuransikan seharga £7 juta dikenal sebagai inovator yang tajam. 


Dia memelopori jazz-rock, bereksperimen dengan efek fuzz dan distorsi dan membuka jalan bagi subgenre yang lebih berat seperti psych rock dan heavy metal selama kariernya. 


Dia adalah pemenang Grammy delapan kali, penerima Ivor Novello untuk kontribusi luar biasa pada musik Inggris dan dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame baik sebagai artis solo maupun sebagai anggota Yardbirds.


Musisi dan teman lama mulai memberikan penghormatan beberapa menit setelah berita itu tersiar. Di Twitter, Jimmy Page menulis, 


“Prajurit bersenar enam tidak lagi di sini bagi kita untuk mengagumi mantra yang bisa dia rangkai di sekitar emosi fana kita. 


Jeff bisa menyalurkan musik dari halus. Tekniknya unik. Imajinasinya tampaknya tidak terbatas. Jeff, aku akan merindukanmu bersama dengan jutaan penggemarmu.”


Dengan kematian Jeff Beck, kami telah kehilangan pria yang luar biasa dan salah satu pemain gitar terhebat di dunia,” tulis Mick Jagger. "Kita semua akan sangat merindukannya."


Rod Stewart, yang melakukan tur dengan Jeff Beck Group di akhir tahun 60-an, memanggilnya “salah satu dari sedikit gitaris yang ketika bermain live benar-benar mendengarkan saya bernyanyi dan merespons ... Anda adalah yang terhebat, teman saya. Terimakasih untuk semuanya.


Gene Simmons menyebutnya “berita memilukan… tidak ada yang bermain gitar seperti Jeff. Silakan dapatkan dua album pertama Jeff Beck Group dan lihatlah kehebatannya. MENINGGAL DUNIA."


Sekarang Jeff telah pergi, saya merasa seperti salah satu saudara laki-laki saya telah meninggalkan dunia ini, dan saya akan sangat merindukannya, ”tweet Ronnie Wood.


Ozzy Osbourne tweeted, “Saya tidak bisa mengungkapkan betapa sedihnya saya mendengar kematian Jeff Beck. Sungguh kehilangan yang mengerikan bagi keluarganya, teman & banyak penggemarnya. 


Merupakan suatu kehormatan untuk mengenal Jeff dan suatu kehormatan luar biasa untuk membuatnya bermain di album terbaru saya.


David Gilmour dari Pink Floyd menulis, “Saya sangat terpukul mendengar berita kematian teman dan pahlawan saya Jeff Beck, yang musiknya telah menggetarkan dan menginspirasi saya dan banyak orang lain selama bertahun-tahun… Dia akan selamanya ada di hati kami.


Johnny Marr memanggilnya "pelopor dan salah satu yang terhebat sepanjang masa", sementara David Coverdale dari Whitesnake menulis, "Oh, My Heart ... RIP, Jeff ... aku sudah merindukanmu".


Dave Davies dari The Kinks men-tweet, “Saya sedih dia terlihat dalam kondisi yang baik bagi saya. Bermain hebat dia dalam kondisi sangat baik. 


Saya kaget dan bingung… tidak masuk akal saya tidak mengerti. Dia adalah teman baik dan pemain gitar yang hebat.”


Banyak gitaris terkenal memberi penghargaan atas kehebatan dan pengaruh Beck. Billy Gibbons dari ZZ Top menggambarkan Beck sebagai "jiwa yang menakjubkan" yang "mampu menunjukkan kepada saya bagaimana cara bermain gitar ini harus didekati". 


Vernon Reid dari Living Colour mengatakan "selalu ada ruang baginya untuk tumbuh", sementara Joe Perry dari Aerosmith menggambarkannya sebagai "gitar Salvador Dali".


“Jeff Beck adalah punk rock sebelum punk ada dan salah satu pemain gitar paling inventif sepanjang masa,” tulis The Edge dari U2. 



“Dia menetapkan standar yang sangat tinggi bagi kita semua yang mengikuti. Legendanya akan terus hidup.”


Brian May dari Queen berkata bahwa dia “putus asa” mendengar berita tersebut: “Dia adalah Guv'nor. Dia tak ada bandingannya, tak tergantikan - puncak mutlak permainan gitar. Dan manusia yang sangat baik.


Beck lahir Geoffrey Beck pada tahun 1944, di Wallington, London selatan. Sebagai seorang anak, dia bernyanyi di paduan suara gereja, dan mulai bermain gitar saat remaja, mendapatkan alat musik pertamanya setelah mencoba menipu toko musik dengan skema sewa-beli. 


“Ada orang ini, dia belum cukup umur untuk menjadi ayah saya tetapi dia menawarkan untuk menjadi penjamin saya. Dia berkata, 'Saya akan memberi tahu mereka bahwa saya ayah tirimu', "katanya kepada New Statesman pada tahun 2016." 


Dalam sebulan, mereka mengatakan bahwa dia tidak ada hubungannya dengan saya sama sekali dan mereka mengambil gitar itu kembali. 


Ayah saya ikut serta dan menjelaskan bahwa kami tidak mampu membelinya,  jadi mereka membebaskan sisa pembayaran dan saya mendapatkan gitar itu.


Pada tahun 1968, Beck merilis Truth, album solo debutnya, yang menggunakan blues dan hard rock untuk membentuk versi prototipikal dari heavy metal. 


Satu tahun kemudian, dia merilis album dengan Grup Jeff Beck, Beck-Ola tetapi karir solonya tergelincir setelah dia mengalami cedera kepala dalam kecelakaan mobil.


Pada tahun 1970, setelah pulih dari patah tulang tengkoraknya, Beck membentuk inkarnasi baru dari Jeff Beck Group, dan merilis dua rekaman,- Rough and Ready tahun 1971 dan Jeff Beck Group tahun 1972 – yang menampilkan upaya awalnya ke dalam suara jazz fusion yang kemudian dikenalnya. untuk.


Pada pertengahan 70-an, Beck mendukung grup jazz-rock John McLaughlin Mahavishnu Orchestra dalam tur, sebuah pengalaman yang secara radikal mengubah cara dia melihat musik.


 "Menonton [McLaughlin] dan pemain saksofon berdagang solo, saya berpikir, 'Ini saya'," katanya pada tahun 2016.


Terinspirasi, Beck merangkul jazz fusion sepenuhnya pada Blow By Blow yang diproduksi oleh George Martin. Hit penjualan platinum di AS yang memuncak di No 4, itu adalah album Beck yang paling sukses secara komersial, tetapi dia kemudian menyatakan penyesalannya. 


“Saya seharusnya tidak melakukan Blow By Blow,” katanya kepada Guitar Player pada tahun 1990. “Saya berharap saya tetap dengan rock'n'roll yang bersahaja. 


Saat Anda dikelilingi oleh orang-orang yang sangat musikal seperti Max Middleton dan Clive Chaman, Anda berada di penjara, dan Anda harus bermain bersama dengan itu.


Terlepas dari perasaannya kemudian tentang Blow By Blow, Beck terus bereksperimen sepanjang tahun 70-an, merilis album jazz fusion dengan penjualan platinum lainnya, Wired, pada 1976, dan There and Back, pada 1980.


Musisi lain yang memberi penghormatan kepada Beck termasuk Brian Wilson dari Beach Boys, yang menulis bahwa dia adalah "pemain gitar jenius". Billy Idol menggambarkannya sebagai "luhur", dan berkata bahwa dia "senang saya masih hidup untuk mendengarnya bermain." Stevie Van Zandt menyebut Beck sebagai "pengaruh besar" dan "sumber kegembiraan yang tak terbatas sepanjang hidup saya".


Joe Satriani berkata bahwa Beck adalah "seorang jenius, orisinal yang menakjubkan". “Dia adalah pemain gitar yang luar biasa dengan lebih banyak cara untuk membuat Anda berkata, 'WTF apakah itu?' daripada orang lain. Dia sangat berbakat, dan tidak pernah berhenti berinovasi pada instrumen.”


 Artikel ini diubah pada 12 Januari 2023. Sandra Cash adalah istri kedua Beck, bukan yang keenam seperti yang dikatakan versi sebelumnya; dan Beck-Ola dirilis pada 1969, bukan 1971.


Sumber: The Guardian/Trankonmasi, *Haris Nursasongko